TAKSONOMI BLOOM HARUS DIJADIKAN ACUAN DALAM MENENTUKAN KKM PADA ASPEK KOMPLEKSITAS
FOLDERSOAL.COM - Selamat Pagi..Siang..Malam.. Masih Semangat kan?? Selamat datang di Situs kami yang paling semangat untuk berbagi soal-soal terlengkap di internet. Jangan Lupa untuk memberitahu sahabat-sahabat kalian ya tentang keberadaan situs FOLDERSOAL.COM kalau kalian terbantu dengan artikel yang dimuat pada situs kami. Belum ketemu juga soalnya? Klik icon Pencarian di sebelah kanan atas pada situs ini, ketik disitu ya.. Masih belum ketemu?? tinggalkan komentar untuk request xxx.. kami dengan senang hati menerima referensi soal-soal terbaru. Jangan lupa Berbagi ke Lainnya! Udahan ah intronya xxx
Jenis Prilaku | Kemampuan Internal | Kata Kerja Operasional |
Pengetahuan (C1) | Mengetahui ................ misalnya: istilah, fakta, aturan, urutan, metode | Mengidentifikasikan Menyebutkan Menunjukkan Memberi nama pada ... Menyusun daftar Menggaris bawahi Menjodohkan Mmemilih Memberi definisi Menyatakan |
Pemahaman (C2) | Menterjemahkan Menafsirkan Memperkirakan Menentukan ................ misalnya: metode, prosedur. Memahami ................... misalnya: konsep, kaidah, prinsip, kaitan antara fakta isi pokok Mengartikan Menginterpretasikan... misalnya: tabel, grafik, bagan | Menjelaskan Menguraikan Merumuskan Merangkum Mengubah Memberi contoh Menyadur Meramalkan Menyimpulkan Memperkirakan Menerangkan Menggantikan Menarik kesimpulan Meringkas Mengembangkan Membuktikan dll. |
Penerapan (C3) | Memecahkan masalah Membuat bagan/ grafik Menggunakan .............. misalnya: metode, prosedur, konsep, kaidah, prinsip | Mendemonstrasikan Menghitung Menghubungkan Melakukan Membuktikan Menghasilkan Meragakan Melengkapi Menyesuaikan Menemukan dll. |
Analisis (C4) | Mengenali kesalahan Membedakan ............... misalnya: fakta-fakta Menganalisis ................ misalnya: struktur, bagian, hubungan | Memisahkan Menyeleksi Memilih Membandingkan Mempertentangkan Menguraikan Membagi Membuat diagran Menganalisis Mendistribusikan Memilah-milah Menerima pendapat dll. |
Sintesis (C5) | Menghasilkan ............... misalnya: klasifikasi, karangan, teori Menyusun .................... misalnya: laporan, rencana, skema, program, proposal | Mengkategorikan Mengkombinasikan Mengarang Merancang Menciptakan Mendesain Menyusun kembali Merangkaikan Menyimpulkan Membuat pola dll. |
Evaluasi (C6) | Menilai berdasarkan norma internal .............. misalnya: hasil karya, mutu ka rangan, dll. | Memperbandingkan Menyimpulkan (akhir) Mengkritik Menilai Mengevaluasi Memberi saran Menberi argumentasi Menafsirkan Merekomendasi Memutuskan dll. |
Jenis Prilaku | Kemampuan Internal | Kata Kerja Operasional |
Pengenalan | Menunjukkan ............... misalnya: kesadaran, kemauan, perhatian Mengakui ...................... misalnya: perbedaan, kepentingan | Menanyakan Memilih Mengikuti Menjawab Melanjutkan Memberi Menyatakan Menempatkan dll. |
Pemberian Respon | Mematuhi ...................... misalnya: peraturan tuntutan, perintah Berperan aktif ............... misalnya: - di laboratorium - dalam diskusi - dalam kelompok - dalam organisasi - dalam kegiatan | Melaksanakan Membantu Menawarkan diri Menyambut Menolong Mendatangi Melaporkan Menyumbangkan Menyesuaikan diri Berlatih Menampilkan Membawakan Mendiskusikan Menyatakan setuju Mempraktekkan dll. |
Penghargaan Nilai-Nilai | Menerima suatu nilai Menyukai Menyepakati Menghargai.................... misalnya: - karya seni - sumbangan ilmu - pendapat - gagasan dan saran | Menunjukkan Melaksanakan Menyatakan pendapat Mengambil prakarsa Mengikuti Memilih Ikut serta Menggabungkan diri Mengundang Mengusulkan Membela Menuntun Membimbing Membenarkan Menolak Mengajak dll. |
Pengorga- ninsasian | Membentuk sistem nilai. Menangkap relasi an-tara nilai. Bertanggung jawab. Mengintegrasikan nilai | Merumuskan Berpegang pada Mengintegrasikan Menghubungkan Mengaitkan Menyusun Mengubah Melengkapi Menyempurnakan Menyesuaikan Menyamakan Mengatur Memperbandingkan Mempertahankan Memodifikasi Mengorganisasikan Mengkoordinir Merangkai dll. |
Pengalaman (Kebiasaan) | Menunjukkan ................ misalnya: - kepercayaan diri - disiplin pribadi - kesadaran moral Mempertimbangkan Melibatkan diri | Bertindak Menyatakan Memperlihatkan Melayani Membuktikan Menunjukkan Bertahan Mempertimbangkan Mempersoalkan dll. |
Jenis Prilaku | Kemampuan Internal | Kata Kerja Operasional |
Peniruan | Menafsirkan rangsang-an (stimulus). Kepekaan terhadap rangsangan. | Memilih Membedakan Mempersiapkan Menirukan Menunjukkan |
Penggunaan | Menyiapkan diri secara fisik. | Memulai Mengawali Bereaksi Mempersiapkan Memprakarsai Menanggapi Mempertunjukkan Menggunakan Menerapkan dll. |
Ketepatan | Berkosentarsi untuk menghasilkan ketepatan. | Mempraktekkan Memainkan Mengerjakan Membuat Mencoba Memposisikan dll. |
Perangkaian | Merangkaikan berbagai keterampilan. Bekerja berdasarkan pola. | Memasang Membongkar Merangkaikan Menggabungkan Mempolakan dll. |
Naturalisasi | Menghasilkan karya cipta. Melakukan sesutau dengan ketepatan tinggi. | Membangun Membuat Mencipta Menghasilkan karya Mengoperasikan Melakukan Melaksanakan Mengerjakan Menggunakan Mengoperasikan Memainkan Mengatasi Menyelesaikan dll. |
Masih Belum Menemukan apa yang kalian cari?? Klik Icon Pencarian di sebelah kanan atas website ini.
Jangan lupa Sharing FOLDERSOAL.COM ke teman, sahabat atau keluarga anda untuk informasi mengenai soal apa aja.. atau kalian juga bisa mengirimkan kritik atau saran ataupun request soal-soal yang belum tersedia pada situs ini pada kontak yang telah disediakan pada website ini ya. Jangan Lupa Bahagia!! Good Luck!
artikel kali ini dilansir dari http://foldersoal.com
0 Response to "TAKSONOMI BLOOM HARUS DIJADIKAN ACUAN DALAM MENENTUKAN KKM PADA ASPEK KOMPLEKSITAS "
Post a Comment